Selasa, 22 Mei 2012

Terlalu Sering Salah, Ide Menulis Hilang


16. Terlalu Sering Salah, Ide Menulis Hilang
Motivasi itu memang sangat penting. Ketika anak masih bertatih-tatih berlatih berjalan, orangtuanya terus memotivasi dan memujinya sehingga anak itu terus bersemangat untuk segera bisa berjalan. Ketika seseorang ingin berbisnis, para motivator bisnis terus mendorongnya seolah-olah di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin untuk diraih sehingga orang tersebut terus bersikeras untuk menjadi pengusaha. Ketika seorang dosen terus memotivasi mahasiswanya untuk belajar menulis dengan kata-kata bijak dan inspiratif, maka mahasiswa tersebut merasa nyaman dan bersemangat mengerjakannya.
Apabila sebaliknya, orangtua memarahi anak yang sedang belajar berjalan, maka anak itu akan stres dan cenderung berdiam diri. Ketika pebisnis menyepelekan orang baru belajar bisnis, maka pelajar itu akan sedikit malu dan tidak energik untuk melakukan usahanya. Ketika seorang dosen selalu menyalahkan hasil tulisan mahasiswanya, maka bisa jadi mahasiswa itu semakin tertantang untuk belajar terus, bisa jadi juga mahasiswa tersebut hilang semangatnya untuk menulis, dia tidak berani menulis karena sudah tergambar di kepalanya bahwa tulisan ia akan salah.
Padahal tidak perlu menutup mata, banyak mahasiswa yang mengerjakan tulisannya menyuruh orang lain mengerjakannya, tapi dosen tidak mau tahu asal muasal tulisan itu, yang penting bagus, dia puji dan dia terima. Sedangkan tulisan yang jelek, dia pertanyakan dengan sikap yang negatif, tanpa ada solusi yang ditawarkan, padahal boleh jadi tulisan itu hasil jerih payah sendiri seorang mahasiswa yang menghabiskan waktu berhari-hari untuk mengerjakannya.
Mungkinkah ini yang terjadi padaku, aku tak mampu menulis lagi, padahal sudah berusaha fokus dan berdoa untuk melakukannya. Aku tak mau menyalahkan orang lain, tapi aku bertekad tidak akan menyepelekan tulisan orang lain sejelek apapun karena usaha mereka boleh jadi sudah “menaruhkan nyawanya”. Sejelek apapun tulisan, pasti itu sebagian usaha yang sudah dilakukan seseorang dan ini jauh lebih bernilai dibandingkan tulisan orang lain yang diklaim sebagai tulisannya sendiri.

Tidak ada komentar: