Sabtu, 14 Januari 2012

RICH DAD’S GUIDE TO BECOMING RICH WITHOUT CUTTING UP YOUR CREDIT CARDS:


RICH DAD’S GUIDE TO BECOMING RICH WITHOUT CUTTING UP YOUR CREDIT CARDS: Mengubah “Utang Macet” Menjadi “Utang Lancar”

Robert T. Kiyosaki: “Tidak jarang kita mendengar omongan atau nasihat seperti: “Ambillah semua kartu kreditmu, lalu guntinglah berkeping-keping.” Atau, “Kartu-kartu kredit itu membuatmu terlilit utang. Jadi jangan pernah pakai kartu kredit.” Meskipun itu nasihat bagus untuk banyak orang yang tidak punya tanggung jawab financial, ungkapan tersebut bukanlah nasihat yang memadai untuk orang-orang yang ingin kaya atau bebas secara financial. Dengan kata lain, tindakan menggunting kartu kredit anda semata tidak akan menjadikan diri anda kaya. Yang membuat anda kaya adalah pendidikan financial. Celakanya, jenis pendidikan ini tidak kita dapatkan di sekolah.”
Sharon L. Lechter: “Kita semua memerlukan lebih banyak pendidikan finansial. Kita perlu mengetahui cara agar uang yang kita miliki bekerja keras bagi kita sehingga kita tidak perlu menghabiskan sisa hidup kita untuk bekerja mencari uang. Itu sebabnya kita membutuhkan lebih banyak pendidikan finansial yang canggih.
Cara untuk menjadi seorang jutawan adalah meningkatkan melek finansial anda, intelegensi finansial anda, dan mau bersikap bertanggung jawab pada diri anda sendiri, hasil yang anda peroleh, pendidikan anda yang terus berlangsung, dan perkembangan pribadi anda dalam menjadi manusia yang lebih baik. Itulah harga yang harus dibayar untuk menjadi seorang jutawan.
Apa harga pendidikan?
Sistem pendidikan kini sudah ketinggalan zaman. Pendidikan saat ini adalah wujud sistem Era Industri yang mencoba menyamai langkah Era Informasi…dan sayangnya, pendidikan itu tidak bisa menyamainya dengan baik.”
Tahun 1989, ketika Tembok Berlin runtuh dan World Wide Web muncul ke permukaan, Era Industri sudah berakhir dan Era Informasi secara resmi dimulai.
Ciri Era Industri: rasa aman dalam pekerjaan, bekerja untuk hidup, satu profesi pekerjaan, kenaikan gaji berdasarkan lamanya masa kerja dan lain-lain. Sedangkan ciri Era Informasi: rasa aman secara finansial, bekerja sebagai agen-agen bebas, banyak profesi pekerjaan, kenaikan gaji menjadi liabilitas karena banyak pemilik perusahaan mencari karyawan-karyawan lebih muda dengan keterampilan teknis lebih banyak dan bersedia dibayar lebih kecil, dan lain-lain.

Sumber: Robert T. Kiyosaki dan Sharon L. Lechter. 2005. Rich Dad’s Guide to Becoming Rich without Cutting up Your Credit Cards: Mengubah “Utang Macet” Menjadi “Utang Lancar”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

PENTING: “Apabila tulisan ini termasuk pelanggaran hak cipta, segera sampaikan pesan ke komarudintasdik@gmail.com. Saya akan segera menghapusnya. Terimakasih!”

Tidak ada komentar: