Selasa, 22 Mei 2012

Ibuku Sayang, Maafkan Aku Tidak Bisa Membuat Hatimu Bangga


18. Ibuku Sayang, Maafkan Aku Tidak Bisa Membuat Hatimu Bangga
Mah=> Panggilanku pada Ibu, dalam bahasa Sunda: Mah adalah kependekan dari Mamah. Mamah berarti Ibu.
Mah…….
Maafkan anakmu ini
Bertahun-tahun sudah merepotkanmu, sejak lahir sampai sekolah
Membuatmu resah dan gelisah
Membuatmu harus menekan rasa marah dengan kuat-kuat
Memang aku bukan anak yang berbakti pada orangtua
Mamah berhak marah padaku
Mamah berhak kecewa padaku
Keluar sekolah untuk kuliah
Ku tinggalkan mamah bersama adikku yang masih kecil
Penuh harap cita-citaku tercapai dan dapat membahagiakanmu, Mah….
Tapi…..
Sepuluh tahun sudah aku jauh dari Mamah
Sepuluh tahun aku tidak memberi perhatian kepada Mamah seperti layaknya anak orang lain yang shaleh
Sepuluh tahun aku menelantarkan adikku yang masih butuh perhatianku sebagai penyampai peran ayah yang sudah meninggal dunia sejak adikku usia balita
Pernah tersirat ada harapan jalan membahagiakan mamah
Tapi…
Kini harapan itu….rasanya semakin tidak jelas, semakin tak berarah ditelan kegelapan masa depan suram hidupku ini
Tak ada maksud melupakanmu, Mah……
Aku masih ingat dan akan terus ingat jasa-jasamu yang tak mungkin ku hitung satu per satu
Engkau telah bersusah payah mendidikku, walau sudah ditinggal ayah
Walau aku tidak bisa berbakti kepadamu, semoga Allah melipatgandakan pahala untukmu. Itulah satu-satunya harapanku saat ini.
Sungguh aku tak tahu harus bilang apa padamu
Sungguh aku tak tahu harus berbuat apa untukmu
Hanya satu harapan….
Semoga Mamah berkenan memaafkanku
Agar Ayah tidak begitu kecewa atas diriku
Sebagai anaknya yang tidak bisa berbuat apa-apa mewarisi kebaikan yang sudah ditebarkan ayah di masa hidupnya.
Maafkan aku Mah….maafkan….
Semoga ada jalan dari anak-anakmu yang lain untuk membuat hatimu bahagia
Aku tidak marah, Mamah lupakan
Aku pantas, Mamah merasa kecewa
Sungguh tak ada maksud mengecewakan Mamah
Sungguh Mah…….
Maaf Mah……
Hapuslah air mata doa Mamah, karena mungkin itu hanya akan mengundang kekecewaan
Sungguh mahal air mata doa Mamah…
Biarlah anakmu yang lain yang mendapatkannya, karena mungkin mereka lebih pantas
Bukan aku menolak,
Aku tetap mengharap air mata doa Mamah
Tapi aku malu dan khawatir mengecewakan Mamah
Maaf ya Mah……maaf…..

***
Topik selanjutnya…..melamun dulu……

Tidak ada komentar: