Jumat, 06 April 2012

Dr. Pete: Navigasi


Bagian III. Navigasi
Setelah orang-orang secara umum mengetahui siapa anda dan apa yang anda lakukan, mereka membutuhkan jalur-jalur jelas ke konten yang menarik mereka. Arsitektur informasi merupakan topik yang sangat besar, tapi poin-poin ini mencakup sebagian dasar-dasar tersebut. 

12. Navigasi utama dapat diidentifikasi dengan mudah
Hampir setiap situs pada web memiliki menu utama sejak browser pertama mendatangi pasar. Buatlah navigasi utama anda mudah ditemukan, dibaca, dan digunakan. Jika anda memiliki dua atau lebih area navigasi, perjelaslah mengapa nabigasi itu berbeda.

13. Label navigasi jelas & singkat
Jangan berkata “Berkomunikasilah secara online dengan tim kami” ketika “Contact US” mampu memfasilitasinya. Navigasi utama anda harus pendek, langsung, dan mudah dipahami oleh user awam. 

14. Jumlah tombol/link layak
Para psikologis suka berargumen tentang berapa bagian informasi yang dapat kita proses, tapi jika anda mulai memperoleh item-item menu 7-or-so yang sudah lalu, berpikir keras tentang apakah anda membutuhkan mereka. Jika anda telah mendapatkan 3 layer menu-menu flyaway Javascript, perlakukan diri anda dengan baik dan mulailah.

15. Logo perusahaan di-link-kan ke homepage
Ini mungkin terdengar minor, tapi orang-orang mengharapkan logo-logo me-link ke homepage, dan ketika tidak, kebingungan akan terjadi. Saya telah melihat video para user mengklik logo berkali-kali, dengan tanpa ide apa yang akan dilakukan selanjutnya.

16. Link konsisten & mudah diidentifikasi
Link yang bergaris bawah, biru merupakan hal pokok untuk web. Sedikit lisensi artistik itu OK, tapi pertimbangkan paling tidak membuat link anda biru atau bergaris bawah. Link-link harus jelas, dan anda harus menggunakannya dengan cukup hemat sehingga tidak mengacaukan konten anda. 

17. Pencarian situs mudah diakses
Jika anda memiliki pencarian situs, pastikan ia jelas. Petunjuk usability cenderung lebih baik di sudut kanan atas halaman. Buatlah tombol sederhana dan jelas “Search” masih berperan baik untuk kebanyakan situs.

Diterjemahkan dari: http://www.usereffect.com

Tidak ada komentar: