Jumat, 06 April 2012

Dr. Pete: Konten


Bagian IV. Konten
Anda telah mendengar sebelumnya – Konten itu adalah raja. Jika anda tidak menginginkan kerajaan itu ambruk, terlebih dahulu, konten harus konsisten, terorganisir, dan mudah di-skimming (dibaca sekilas).

18. Heading utama jelas & deskriptif
Banyak sekali orang tidak membaca secara online, mereka melakukan skimming. Gunakanlah heading (mayor atau minor) untuk menyeting konten dan menjadikannya tetap terorganisir. Heading harus jelas, dan agar bermanfaat untuk SEO, gunakanlah heading tag (<H1>, <H2>, dll.)

19. Konten kritis di atas dapat di-fold (lipat)
“Fold” berarti bahwa garis khayal di mana bagian bawah layar anda memotong sebuah halaman. Konten dapat berada di bawah fold (tersembunyi), tapi apapun pemahaman siapa anda atau apa pekerjaan anda (terutama pada homepage) harus pas di layar pertama. Resolusi layar rata-rata saat ini sekitar 1024x768, tergantung audience anda.

20. Style & warna konsisten
Pastikan mereka mengetahui mereka masih berada pada situs yang konsisten – membingungkan mereka, anda akan kehilangan mereka. Layout, headings, dan styles harus consistent side-wide dan warna biasanya harus     memiliki makna yang sama. Jangan menggunakan headers merah pada satu halaman, link merah di halaman lainnya, dan teks merah di halaman yang lainnya lagi.

21. Penekanan (cetak tebal, dll) digunakan secara hemat
Fakta pemahaman manusia: coba berikan perhatian khusus (penekanan) pada segala sesuatu yang ada dan anda akan secara efektif memperhatikan yang tidak ada. Kita akan melihat situs itu, “NEW!” dengan merah, blinking, bergaris bawah. Jangan membuat kebingungan.

22. Ads & Pop-up tidak menonjol
Ads merupakan fakta kehidupan, tapi integrasikanlah dengan baik ke dalam situs anda. Jangan mencoba memaksakan ads dan pop-ups pada user. Jadikanlah orang-orang senang dan buatlah ads anda jelas. Jika anda mengaburkan garis antara ads dan konten sangat besar, konten anda mungkin menderita.
23. Salinan utama singkat dan jelas
Ini bukan pelajaran dalam copywriting, tapi lihatlah homepage anda – dapatkah anda mengatakan hal yang sama setengahnya dari kata-kata yang banyak? Cobalah agar konkrit dan deskriptif serta hindarilah jargon – tidak ada yang peduli apakah anda dapat “mengungkil sinergi anda” atau tidak.

24. URL bermakna & user-friendly
Ini merupakan poin yang kadang-kadang menjadi perdebatan, tapi URL berbasis kata kunci yang bermakna umumnya bagus untuk para pengunjung dan search engine. Anda tidak harus merekayasa ulang situs secara keseluruhan hanya untuk memperoleh URL-URL baru, tapi lakukanlah apa yang anda dapat membuatnya deskriptif dan friendly.

25. Judul halaman HTML jelas
Yang terpenting, judul halaman anda (dalam <TITLE> tag) harus deskriptif, unik, dan banyak menyumbat kata kunci. Judul-judul halaman merupakan hal pertama yang search engine dan pengunjung lihat, dan jika judul-judul itu terkesan atau terlihat spammy, maka mereka akan berpindah ke hasil selanjutnya.

Diterjemahkan dari: http://www.usereffect.com

Tidak ada komentar: