Jumat, 06 April 2012

Dr. Pete: Accessibility


Bagian I. Accessibility
Bagian ini memuat tidak hanya isu-isu accessibility tradisional, tapi apaun yang memungkinkan membuat user tetap dapat mengakses informasi pada sebuah situs web. Jika tidak ada yang dapat me-load situs anda, atau jenis (informasi) terlalu kecil untuk dibaca, semua usability yang akan banyak bermasalah. 

1. Waktu load situs cukup
Panggil aku sekolah kuno, tapi saya masih suka melihat situs-situs di bawah 100KB (60KB bahkan lebih baik). Jika sebuah situs membutuhkan waktu lama untuk loading, kebanyakan orang akan meninggalkannya. Ya, sebagian dari kita memiliki jalur lebar sekarang, tapi itu membuat kita harus lebih sabar.

2. Kontras teks dan background yang cukup
Abu-abu gelap pada abu-abu muda mungkin terlihat stylish (bergaya), tapi saya tidak akan merusak penglihatanku untuk membaca blog anda. Mata dan monitor sangat berbeda, maka jagalah tingkat kontras salinan inti anda. Bagus, hitam-putih gaya kuno masih sangat bagus saat ini.

3. Ukuran huruf/spasi mudah dibaca
Pendapat berbeda-beda pada ukuran teks yang ideal, tapi error pada side sedikit terlalu besar. Kurang dapat dibaca menambah frustasi, frustasi mengarah pada situs dengan bebas. Juga, memastikan line spacing anda cukup – white-space merupakan teman terbaik desainer. 

4. Flash & add-ons digunakan dengan hemat
Bukan masalah seberapa bagus situs anda terlihat, orang-orang tidak akan menunggu selama 5 menit untuk plug-in to load. Gunakanlah teknologi baru denga hemat dan hanya ketika ia benar-benar meningkatkan tujuan-tujuan anda. Mendukung HTML/CSS standar juga merupakan nilai lebih untuk search engine.

5. Gambar memiliki ALT tags yang tepat
Bukan hanya memperhatikan para pengunjung yang lemah wawasan menggunakan ALT tag, tapi search engine mengharuskannya untuk memahami  gambar-gambar anda. Ini sangat penting ketika anda menggunakan gambar-gambar untuk konten kunci, seperti item-item menu.

6. Situs memiliki halaman not-found/404
Jika halaman pada situs anda tidak ada, halaman putih dengan “404 Not Found” merupakan cara bagus pelanggan untuk mengabaikannya. Buatlah halalaman custom 404, terutama yang memimbing para pengunjung memanfaatkan konten yang anda. 

Diterjemahkan dari: http://www.usereffect.com

Tidak ada komentar: