Jumat, 06 April 2012

25 Poin Ceklis Usability Situs Web


25 Poin Ceklis Usability Situs Web
Dr. Pete 

Saya telah berpikir banyak belakangan ini tentang prosesku. Pengalaman adalah sesuatu yang kuat, tapi kita jarang menaruh perhatian dan mencoba untuk memetakan apa yang kita ketahui. Sementara itu, sebagai bagian dari klinik situs web 5 poin, saya telah mengembangkan 25 poin ceklis usability situs web—sebuah cara untuk membuat suatu metode gilaku dan meyakinkan bahwa saya tidak melupakan kritik apapun ketika saya bekerja dengan denga klien baru. 

Bahkan walaupun itu merupakan bagian dari salah satu penawaran berbayar, saya telah memutuskan untuk berbagi ceklis ini. Sedikit sangkalan: Pertama, saya tidak mengklaim daftar ini komprehensif atau unik. Jakob Nielsen memiliki 113 poin ceklis luar biasa dalam bukunya, Homepage Usability, misalnya. Ini hanya cara saya untuk mengorganisir apa yang saya pikir penting ketika mencoba menjaganya agar dapat dikendalikan (manageable). Kedua, penggunaan istilah saya mungkin berbeda dari anda. Saya menggunakan “usability” dengan pengertian yang sangat luas, dan penggunaan usability-ku bukan benar-benar standar industri. Tidak suka? Tulislah ceklis anda sendiri; Terakhir, peringatan lanjut bahwa posting ini agak panjang.

Gambaran Umum Dasar
Daftar ini secara kasar terbagi ke dalam 4 bagian yang sama, (I) Accessibility, (II) Identitas, (III) Navigasi, dan (IV) Konten. Saya akan menjelaskan dan merasionalkan semua bagian itu dan item-item di bawahnya, tapi anda juga dapat mengunduh ceklis secara sederhana, 1 halaman PDF. Saya mencoba untuk menjadikannya tetap sederhana dengan 3 penilaian dasar: (1) Centang hijau = Bagus/Berhasil, (2) Centang merah = Butuh perbaikan, tapi tidak bahaya, (3) Merah X = Jelek/Gagal. Tidak semua poin harus diaplikasikan ke semua situs.

Sumber: http://www.usereffect.com

Tidak ada komentar: