Minggu, 01 April 2012

Delapan Aturan Emas: KONTROL INTERNAL dan REDUKSI LOAD MEMORI JANGKA PENDEK


Delapan Aturan Emas: KONTROL INTERNAL dan REDUKSI LOAD MEMORI JANGKA PENDEK

Kontrol Internal
Para user yang berpengalaman ingin merasakan bahwa mereka berada dalam komando sistem dan bahwa sistem itu merespon komando mereka. Mereka tidak harus dipaksa untuk melakukan apapun atau dibuat merasakan bahwa sistem mengontrol mereka. Sistem harus membuat user merasa bahwa mereka memutuskan apa yang harus dilakukan. Para desainer dapat menyediakan banyak kenyamanan dan kontrolnya melalui susunan kata yang cepat atau pesan. Menulis dialog seperti dialog pesan manager dan asisten yang diberikan sebelumnya akan mengarah pada sebuah desain membawakan perasaan kontrol.

Reduksi Load Memori Jangka Pendek
Manusia memiliki banyak keterbatasan, dan memori jangka pendek merupakan salah satu keterbasan yang terbesar. Seperti yang dibahas di awal buku ini, manusia hanya dapat mengingat tujuh penggalan informasi pada satu waktu. Desainer interface tidak dapat berasumsi bahwa user akan mengingat apapun dari form ke form, atau kotak dialog ke kotak dialog, selama berinteraksi dengan sistem. Jika user harus berhenti dan bertanya, “Sekarang apa filename yang tadi? ID pelanggan? Deskripsi produk?” maka desain desain itu meletakkan banyak sekali beban pada memori user.
Dengan memperhatikan delapan aturan emas, seorang desainer interface dapat membantu meyakinkan bahwa interaksi user itu efisien dan efektif.
Sumber:
Satzinger JW, Jackson RB, Burd SD. 2007. System Analysis and Design in Changing a World, Fourth Edition. Canada: Thomson. ISBN: 1-4188-3766-0.

Tidak ada komentar: