Minggu, 01 April 2012

Delapan Aturan Emas: FEEDBACK INFORMATIF


Delapan Aturan Emas: FEEDBACK INFORMATIF

Setiap tindakan yang user lakukan harus ada feedback dari komputer agar user mengatahui bahwa tindakannya dikenalo komputer. Bahkan klik keyboard membantu user, sehingga “klik” elektronik dengan bebas dikenali oleh sistem operasi. Jika user mengklik sebuah tombol, tombol tersebut secara visual harus berubah dan mungkin mengeluarkan suara.
Feedback informasi kepada user juga penting. Jika clerk pesanan via e-mail memasukkan ID number pelanggan pada layar pesanan, sistem itu harus melihat pelanggan itu untuk memvalidasi ID number-nya, tapi harus juga menampilkan nama dan alamat kepada clerk sehingga clerk yakin bahwa nomor itu benar. Hal yang sama, ketika clerk memasukkan ID produk untuk pesanan, sistem itu harus menampilkan deskripsi produk. Perhatian clerk yang maju dan mundur dari bentuk pesan via e-mail ke layar komputer, dia membandingkan nama dan deskripsi produk dari sistem dengan informasi pada formulir untuk mengkonfirmasi bahwa segalanya benar. Makna konfirmasi ini dan keyakinan hasil dalam sistem sangat penting bagi user, terutama ketika mereka bekerja dengan sistem seharian. Tapi sistem itu tidak harus memperlambat user dengan menampilkan terlalu banyak kotak dialog sehingga user bingung harus merespon mana.
Kadang-kadang feedback disediakan untuk membantu user dengan cara lain. Representasi pesanan via telepon membutuhkan informasi dari sistem tidak hanya seperti yang dikerjakan clerk pesanan via e-mail, tapi dia juga membutuhkan informasi tambahan. Pelanggan via telepon dapat bertanya, sehingga informasi yang disajikan sebagai feedback untuk representasi pesanan via telepon lebih rinci dan fleksibel.
Sumber:
Satzinger JW, Jackson RB, Burd SD. 2007. System Analysis and Design in Changing a World, Fourth Edition. Canada: Thomson. ISBN: 1-4188-3766-0.

Tidak ada komentar: