Jumat, 20 Januari 2012

Kebijakan Pemerintah dalam Menghadapi Masalah Ekonomi


Ekonomi: Pertemuan 1, Kelas X

Resume Bab VI Kebijakan Pemerintah dalam Menghadapi Masalah Ekonomi
1.      Pengertian ekonomi mikro dan makro
a.       Ekonomi mikro: cabang dari ilmu ekonomi yang secara khusus membahas perilaku individu dan perusahaan yang dihadapkan pada keterbatasan sumber daya.
b.      Ekonomi makro: bidang ilmu yang mempelajari keseluruhan ekonomi dalam bentuk jumlah barang dan jasa yang diproduksi, total pendapatan yang dihasilkan, tingkat pengangguran, serta sifat-sifat umum harga barang.

2.      Perbedaan ekonomi mikro dan makro: ekonomi mikro menganalisis kegiatan-kegiatan dan permasalahan ekonomi dari unit-unit ekonomi individual. Ekonomi makro menganalisisnya dari pendekatan sebaliknya, yakni dengan mempelajari variabel-variabel total, seperti pendapatan nasional, konsumsi, tabungan masyarakat, dan investasi total.

3.      Contoh ekonomi mikro (usaha industri kecil) dan ekonomi makro (inflasi, pendapatan nasional)

4.      Masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan dan pemerataan pendapatan)
  1. Masalah ekonomi makro:
a)      Inflasi: suatu keadaan kecenderungan kenaikan harga-harga secara umum dan terus-menerus.
b)      Pengangguran: terjadi karena jumlah tenaga kerja atau angkatan kerja melebihi tingkat kesempatan kerja yang tersedia.
c)      Ketimpangan dalam neraca pembayaran. Neraca pembayaran adalah neraca yang memuat ikhtisar dari segala transaksi yang terjadi antara penduduk suatu negara dan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu, dan biasanya satu tahun.

  1. Masalah ekonomi mikro: Pasar tradisional membutuhkan proteksi regulasi
Analisis ekonomi mikro terdiri atas
1)      Teori harga, antara lain membahas proses pembentukan harga oleh interaksi antara penawaran dan permintaan akan suatu barang dan jada di dalam suatu pasar, faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan permintaan dan penawaran, hubungan antara harga permintaan dan penawaran, bentuk-bentuk pasar dan sebagainya.
2)      Teori produksi, antara lain menganalisa masalah biaya produksi, tingkat produksi yang paling menguntungkan produsen, serta kombinasi faktor-faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen agar tujuan untuk mencapai laba maksimum tercapai.
3)      Teori distribusi membahas faktor-faktor yang menentukan tingkat upah tenaga kerja, tingkat bunga yang harus dibayar karena penggunaan modal, dan tingkat keuntungan yang diperoleh para pengusaha.

5.      Masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
Permasalahan ekonomi makro yang dihadapi oleh Indonesia: meningkatkan kesempatan kerja, meningkatkan kapasitas produksi nasional, meningkatkan pendapatan negara, menstabilkan situasi perekonomian, menyeimbangkan nerasa pembayaran luar negeri, pemerataan distribusi pendapatan, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Sumber: Sri Nur Mulyani, dkk. 2009. Ekonomi: untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan Depdiknas.

Tidak ada komentar: