Selasa, 08 November 2011

PERILAKU KONSUMEN DAN PRODUSEN DALAM KEGIATAN EKONOMI


Resume BAB III
PERILAKU KONSUMEN DAN PRODUSEN DALAM KEGIATAN EKONOMI
Oleh: Komarudin Tasdik

1.      Barang (Mulyani, 2009, hlm. 44-45):
a.       Manfaat: barang memiliki nilai bagi manusia.
b.      Nilai: kemampuan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Penggolongan nilai:
1)      Nilai pakai: objektif (air), subjektif (kursi roda bagi orang yg tdk bisa berjalan)
2)      Nilai tukar: objektif/harga (berlian berharga tinggi di setiap tempat) , subjektif (lukisan bernilai tukar tinggi bagi seseorang)
3)      Paradoks nilai: pertentangan penilaian pada suatu barang yang sama (barang bernilai tukar tinggi harusnya bernilai pakai tinggi).
2.      Perilaku  
a.       Konsumen tergantung pada: selera, tingkat pendapatan, kebiasaan dan sikap hidup, lingkungan tempat tinggal, alat distribusi (Mulyani, 2009, hlm. 49-50).
b.      Produsen; yang mengutamakan kepentingan masyarakat (Mulyani, 2009, hlm. 56):
1)      Memberikan keuntungan bagi stakeholders
2)      Memberikan sumbangan sosial
3)      Menumbuhkan rasa saling percaya
4)      Menghormati aturan
5)      Sikap hormat terhadap lingkungan alam
6)      Menghindari operasi-operasi tidak etis.
3.      Faktor-faktor produksi: SDA, SDM, modal, dan Skill(Mulyani, 2009, hlm. 53)
4.      Peran pelaku ekonomi (Mulyani, 2009, hlm. 62-65)
a.       Peranan rumah tangga konsumen:
1)      rumah tangga sebagai pemasok faktor-faktor produksi kepada perusahaan
2)      rumah tangga sebagai konsumen barang dan jasa perusahaan.
b.      Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi, sebagai: produsen, distributor, agen pembangunan
c.       Peran pemerintah, sebagai: pengatur, pengontrol, penguasa, konsumen
d.      Peran masyarakat luar negeri, sebagai: konsumen, produsen, investor, sumber tenaga kerja ahli.

Sumber: Sri Nur Mulyani, dkk. 2009. Ekonomi: untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan Depdiknas

Tidak ada komentar: