Resume BAB III
PERILAKU KONSUMEN DAN PRODUSEN DALAM KEGIATAN EKONOMI
Oleh: Komarudin Tasdik
1. Barang (Mulyani, 2009, hlm. 44-45):
a. Manfaat: barang memiliki nilai bagi manusia.
b. Nilai: kemampuan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Penggolongan nilai:
1) Nilai pakai: objektif (air), subjektif (kursi roda bagi orang yg tdk bisa berjalan)
2) Nilai tukar: objektif/harga (berlian berharga tinggi di setiap tempat) , subjektif (lukisan bernilai tukar tinggi bagi seseorang)
3) Paradoks nilai: pertentangan penilaian pada suatu barang yang sama (barang bernilai tukar tinggi harusnya bernilai pakai tinggi).
2. Perilaku
a. Konsumen tergantung pada: selera, tingkat pendapatan, kebiasaan dan sikap hidup, lingkungan tempat tinggal, alat distribusi (Mulyani, 2009, hlm. 49-50).
b. Produsen; yang mengutamakan kepentingan masyarakat (Mulyani, 2009, hlm. 56):
1) Memberikan keuntungan bagi stakeholders
2) Memberikan sumbangan sosial
3) Menumbuhkan rasa saling percaya
4) Menghormati aturan
5) Sikap hormat terhadap lingkungan alam
6) Menghindari operasi-operasi tidak etis.
3. Faktor-faktor produksi: SDA, SDM, modal, dan Skill(Mulyani, 2009, hlm. 53)
4. Peran pelaku ekonomi (Mulyani, 2009, hlm. 62-65)
a. Peranan rumah tangga konsumen:
1) rumah tangga sebagai pemasok faktor-faktor produksi kepada perusahaan
2) rumah tangga sebagai konsumen barang dan jasa perusahaan.
b. Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi, sebagai: produsen, distributor, agen pembangunan
c. Peran pemerintah, sebagai: pengatur, pengontrol, penguasa, konsumen
d. Peran masyarakat luar negeri, sebagai: konsumen, produsen, investor, sumber tenaga kerja ahli.
Sumber: Sri Nur Mulyani, dkk. 2009. Ekonomi: untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan Depdiknas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar