Kamis, 05 Januari 2012

Makan dan Tidur


Makan dan Tidur

Dua hal yang harus diwaspadai dalam hidup ini.
Pertama, terlalu banyak makan
Kedua, terlalu banyak tidur

Terlalu banyak makan akan menyebabkan kekenyangan sehingga akan ngantuk dan tidur pulas, yang mana menyebabkan kita tidak sempat untuk beraktivitas banyak.
Terlalu banyak makan dan tidur ibarat satu siklus kebodohan. Maksudnya terlalu banyak makan akan menyebabkan terlalu banyak tidur, kalau sudah banyak tidur akan bangun dengan perut lapar lagi, sehingga kita ingin makan lagi. Ya setelah makan akan ngantuk lagi, begitu seterusnya yang menyebabkan kita tidak bisa berbuat apa-apa selain tidur dan makan. Dengan kebiasaan seperti ini, kebodohan dan kemiskinan dipastikan enggan menjauh dari orang yang melakukannya.
Pantas saja, guru-guru kita mengingatkan muridnya untuk senantiasa puasa dan tahajud. Puasa untuk membentengi kita dari keserakahan makan, tahajud untuk membentengi kita dari tidur. Tidur dan makan itu nikmat, tapi kalau berlebihan bisa menjadi laknat, Na’udzubillah!
Bagaimana kalau makan dan tidur sedikit, tapi waktu yang ada terbuang dengan sia-sia. Kita akan bahas di sesi berikutnya….InsyaAllah!
Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar: