Jumat, 23 Desember 2011

GURUKU MUHAMMAD


GURUKU MUHAMMAD

Sifat-sifat yang harus dipelihara oleh seorang guru mencakup: ikhlas, jujur, sesuai perkataan dan perbuatan, adi dan egaliter, berakhlak mulia dan terpuji, tawadhu, berani, bercanda, sabar dan menahan amarah, menghindari ucapan kotor dan keji, suka meminta bantuan orang lain.
Tugas dan kewajiban guru meliputi: menanamkan keimanan ketika mengajar, memberikan nasihat kepada murid, bersikap lembut terhadap murid dan mendidiknya dengan cara yang baik, tidak terang-terangan menyebutkan nama ketika mencela seseorang, mengucapkan salam kepada murid sebelum dan sesudah pelajaran berlangsung, memberikan hukuman ketika mengajar, memberikan hadiah kepada murid.
Metode dan teknik pengajaran meliputi: mempersiapakan murid untuk menerima ilmu yang akan diberikan, adanya interaksi pendengaran dan pandangan yang baik antara guru, menggunakan metode praktikum dalam pengajaran, menjelaskan pelajaran ilmiah dengan metode yang sesuai dengan tingkat pemikiran dan pemahaman seorang murid, menggunakan teknik diskusi dan penjelasan yang mudah dicerna akal, mengajar melalui cerita, memberikan contoh ketika mengajar, memberikan motivasi dalam mengajar, menggunakan isyarat (gerakan tangan dan kepala) ketka mengajar, menggunakan sketsa  (gambar) untuk memperjelas keterangan, memperjelas persoalan penting dengan metode mengungkapkan alasan, membiarkan murid mencari jawaban sendiri, menggunakan teknik pengulangan dalam pengajaran, menggunakan teknik pembagian poin (garis besar materi pelajaran) ketika mengajar, menggunakan teknik bertanya ketika mengajar, melontarkan permasalahan ilmiah yang belum jelas untuk mengukur tingkat kecerdasan muid, memotivasi murid untuk mengajukan pertanyaan, memberikan jawaban yang luas sesuai kondisi penanya, memberikan komentar atas jawaban murid, berani mengucapkan “AKU TIDAK TAHU” karena memang ia (guru) tidak mengetahui, adalah bagian dari sebuah ilmu.

Sumber:
Fu’ad asy-Syalhub. 2006. Guruku Muhammad, Terjemahan. Jakarta: Gema Insani.

Tidak ada komentar: